Program Studi S1 Farmasi

Program Studi

Program Studi

Program Studi D3 Farmasi (Diploma Tiga/A.Md.Farm)

Visi

Visi Program Studi Diploma Tiga Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha adalah menjadi Program Studi Diploma Tiga Farmasi bermutu di tingkat nasional, guna menghasilkan tenaga kefarmasian yang berkompeten secara holistis dalam bidang kefarmasian.

Misi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan farmasi yang kondusif sehingga menghasilkan ahli madya farmasi yang berkualitas dan berwawasan holistis.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang terpadu dalam berbagai aspek ilmu kefarmasian sehingga dapat diterapkan dan bermanfaat untuk peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kefarmasian guna meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup masyarakat melalui penerapan penelitian, keterampilan, dan pengetahuan ilmu kefarmasian.

Deskripsi

Pengembangan pendidikan tenaga Ahli Madya Farmasi merupakan bagian integral dari program pengembangan tenaga kesehatan pada umumnya. Pendidikan tenaga Ahli Madya Farmasi ditujukan untuk mendidik para peserta didik menjadi tenaga kefarmasian yang terampil dan ahli sehingga dapat melaksanakan tugas secara optimal, baik secara mandiri maupun bekerja sama.

Tujuan pendidikan Program Diploma III Farmasi adalah 

  1. Menghasilkan ahli madya farmasi yang berkualitas, bermoral, dan berwawasan farmasi holistis dalam berbagai ruang lingkup pekerjaan kefarmasian sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang inovatif, kompetitif, terpadu serta berkesinambungan dalam semua aspek ilmu kefarmasian sehingga dapat diterapkan untuk peningkatan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.
  3. Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat melalui pelaksanaan program pengabdian masyarakat yang menerapkan penelitian dan pengetahuan kefarmasian.

Program Studi S1 Farmasi (Sarjana/S.Farm)

Visi

Visi Program Studi Sarjana Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha adalah menjadi program studi Sarjana Farmasi yang Bermutu di tingkat nasional, menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa kemandirian serta penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang holistis di Bidang Kefarmasian.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan farmasi yang bermutu, kondusif dan integratif dalam bidang keilmuan Farmasi sains dan Teknologi maupun Farmasi komunitas dan Klinik untuk mencapai penguasaan pengetahuan dan keterampilan lulusan sarjana yang holistis serta memberikan pengenalan kemandirian sebagai landasan untuk pengembangan dirinya.
  2. Mendorong berkembangnya penelitian yang bermutu, berkesinambungan, dan relevan di bidang kefarmasian yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kefarmasian demi pemberdayaan, peningkatan kesehatan dan kualitas hidup dengan menerapkan penelitian dan pengetahuan terkini.

Deskripsi

Farmasi didefinisikan sebagai profesi yang menyangkut seni dan ilmu penyediaan bahan obat, dari sumber alam atau sintetik yang sesuai, untuk disalurkan dan digunakan pada pengobatan dan pencegahan penyakit. Farmasi mencakup pengetahuan mengenai identifikasi, pemilahan (selection), aksi farmakologis, pengawetan, penggabungan, analisis, dan pembakuan bahan obat (drugs) dan sediaan obat (medicine). Pengetahuan kefarmasian mencakup pula penyaluran dan penggunaan obat yang sesuai dan aman, baik melalui resep (prsecription) dokter berizin, dokter gigi, dan dokter hewan, maupun melalui cara lain yang sah, misalnya dengan cara menyalurkan atau menjual langsung kepada pemakai. The American Society of Colleges of Pharmacy (AACP) mendefinisikan farmasi sebagai ”suatu sistem pengetahuan (knowledge system) yang merupakan bagian dari pelayanan kesehatan (health service)”.

Semua bentuk pengetahuan dapat dibeda‐bedakan atau dikelompokkan dalam berbagai kategori atau bidang, sehingga terjadi diversifikasi bidang ilmu pengetahuan atau disiplin ilmu, yang berakar dari kajian filsafat, yaitu Seni (Arts), Etika (Ethics), dan Sains (Science).Di satu pihak Farmasi tergolong seni teknis (technical arts) apabila ditinjau dari segi pelayanan dalam penggunaan obat (medicine); di lain pihak Farmasi dapat pula digolongkan dalam ilmu‐ilmu pengetahuan alam (natural science). Sebagai ilmu, Farmasi menelaah obat sebagai “materi”, baik yang berasal dari alam maupun sintesis (sama dengan bidang Kimia dan Fisika) dan menggunakan metode logiko‐hipotetiko‐verifikatif sebagai metode telaah yang sama seperti digunakan pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu, Farmasi merupakan ilmu yang dapat dikelompokkan dalam bidang Sains.

Bidang ilmu Farmasi merupakan bidang ilmu terapan yang mengkombinasikan berbagai macam bidang kajian termasuk ilmu alam dan ilmu sosial pada bidang kesehatan. Ilmu Kefarmasian berbasis pada ilmu‐ilmu alam dasar seperti Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika dimana objek‐objek kajian kefarmasian menyangkut berbagai aspek dari segi karakteristik dan pembuatan produk kefarmasian, tinjauan terhadap struktur dan efek farmakologi suatu senyawa kimia pada objek biologis, serta penerapannya pada pelayanan kesehatan masyarakat dengan mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi. Selain itu, penyelenggaraan pekerjaan kefarmasian terikat oleh peraturan perundang‐undangan yang berlaku karena menyangkut hajat hidup masyarakat luas. Dengan demikian, seorang Sarjana Farmasi dituntut untuk mampu mengimplementasikan berbagai ilmu serta keahlian yang dimilikinya untuk menjalankan profesinya sesuai wewenang dan peraturan perundang undangan yang ada.

  • Kontak Kami
  • Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha
  • Telepon : (0361) 4749310
  • Mobile : 081391526632 / 081805339968
  • Email : [email protected]